091414016

091414016

Jumat, 25 Mei 2012

Mengkomunikasikan harapan positif



Penting bagi guru mengkomunikasikan harapan positif.
Caranya:
1.      Tunggulah siswa menjawab. Rowe (1974) telah mencatat bahwa guru menunggu lebih lama jawaban dari siswa yang terhadapnya ,mereka mempunyai harapan yang tinggi dalam belajar dan dapat meningkatkan pencapaian siswa.
2.      Hindarilah pembedaan yang tidak perlu diantara siswa.
3.      Perlakukan semua siswa dengan sama.

Motivasi intrinsic dan ekstrinsik
Bagi siswa, pelajaran favorit mempunyai nilai intensif intrinsic yang tinggi yang mencukupi untuk memotivasi belajar mereka.Ada juga siswa yang bersemangat belajar karena mendapat imbalan untuk melakukannya. Siswa yang mempunyai cita cita yang kuatsering termotivasi untuk belajat bahkan tanpa intensif langsung.
Motivasi intrinsic dapat menurun, oleh karena itu sekolah memberikan dorongan ekstrinsik , contohnya seperti pujian, nilai , piagam, dan penghargaan lain.
Meningkatkan motivasi belajar siswa :
Riset tentang efek imbalan ekstrinsik terhadap motivasi intrinsic menganjurkan kehati-hatian penggunaan imbalan material untuk menigkatkan motivasi intrinsic. Sebisa mungkin guru berupaya membangkitkan motivasi siswa secara intrinsic, untuk memastikan semua siswa belajar penggunaan alat motivasi intrinsik maupun ekstrinsik mungkin diperlukan.

Meningkatkan motivasi intrinsic :
Guru harus bisa menarik perhatian siswa pada materi yang hendak diberikan. Penyajian yang baik dapat meningkatkan kemauan siswa untuk semakin ingin tahu tentang materi itu.
Secara spesifik dapat di uraikan sbb:
1.      Pengenalan pelajaran dengan contoh yang menghubungkan budaya bahan tersebut dengan budaya siswa.
2.      Memberi pilihan tentang apa yang akan mereka pelajari.
3.      Menantang siswa dengan soal  yang sulit dipecahkan namun tetap mengundang keingintahuan siswa.

Insentif  yang dapat membantu memotivasi siswa untuk mempelajari bahan akademis:
a.      Mengungkapkan harapan yang jelas
b.      Memberikan umpan balik yang jelas
c.       Memberikan umpan balik langsung
d.      Sering memberikan umpan balik
e.      Meningkatkan nilai dan ketersediaan sarana motivasi ekstrinsik
Cara guru memberi imbalan atas kinerja, upaya, dan peningkatan mutu:
a.      Menggunakan pujian dengan efektif
b.      Mengajari siswa memuji diri sendiri
c.       Menggunakan nilai  sebagai insentif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar