Penting
bagi guru mengkomunikasikan harapan positif.
Caranya:
1.
Tunggulah siswa menjawab. Rowe (1974) telah mencatat bahwa guru menunggu lebih
lama jawaban dari siswa yang terhadapnya ,mereka mempunyai harapan yang tinggi
dalam belajar dan dapat meningkatkan pencapaian siswa.
2.
Hindarilah pembedaan yang tidak perlu diantara siswa.
3.
Perlakukan semua siswa dengan sama.
Motivasi intrinsic dan ekstrinsik
Bagi
siswa, pelajaran favorit mempunyai nilai intensif intrinsic yang tinggi yang
mencukupi untuk memotivasi belajar mereka.Ada juga siswa yang bersemangat
belajar karena mendapat imbalan untuk melakukannya. Siswa yang mempunyai cita
cita yang kuatsering termotivasi untuk belajat bahkan tanpa intensif langsung.
Motivasi
intrinsic dapat menurun, oleh karena itu sekolah memberikan dorongan ekstrinsik
, contohnya seperti pujian, nilai , piagam, dan penghargaan lain.
Meningkatkan
motivasi belajar siswa :
Riset
tentang efek imbalan ekstrinsik terhadap motivasi intrinsic menganjurkan
kehati-hatian penggunaan imbalan material untuk menigkatkan motivasi intrinsic.
Sebisa mungkin guru berupaya membangkitkan motivasi siswa secara intrinsic,
untuk memastikan semua siswa belajar penggunaan alat motivasi intrinsik maupun
ekstrinsik mungkin diperlukan.
Meningkatkan
motivasi intrinsic :
Guru
harus bisa menarik perhatian siswa pada materi yang hendak diberikan. Penyajian
yang baik dapat meningkatkan kemauan siswa untuk semakin ingin tahu tentang materi
itu.
Secara
spesifik dapat di uraikan sbb:
1.
Pengenalan pelajaran dengan contoh yang menghubungkan budaya bahan tersebut
dengan budaya siswa.
2.
Memberi pilihan tentang apa yang akan mereka pelajari.
3.
Menantang siswa dengan soal yang sulit dipecahkan namun tetap mengundang
keingintahuan siswa.
Insentif yang dapat
membantu memotivasi siswa untuk mempelajari bahan akademis:
a.
Mengungkapkan harapan yang jelas
b.
Memberikan umpan balik yang jelas
c.
Memberikan umpan balik langsung
d.
Sering memberikan umpan balik
e.
Meningkatkan nilai dan ketersediaan sarana motivasi ekstrinsik
Cara guru memberi imbalan
atas kinerja, upaya, dan peningkatan mutu:
a.
Menggunakan pujian dengan efektif
b.
Mengajari siswa memuji diri sendiri
c.
Menggunakan nilai sebagai insentif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar